15.32
0
Percobaan A

1 Konsep                   :  Panas
2. Sub Konsep           :  Perpindahan Panas
3. Tujuan                    : Agar siswa dapat mendemonstrasikan perpindahan panas pada
                                    Benda padat
4. Bahan/ alat             :  -     Stand  - Lampu Spirtus    -  Plastisin   -  batang besi
5. Cara Kerja              : 1.   Letakkan bulatan sinecil plastisin di ujung batang besi
                                    2.   Letakkan batang besi tersebut pada stand
                                    3.   Panaskan ujung batang besi yang tidak ditempel plastisin dengan lampu
                                          spiritus
                                    4.   Amati plastisin
                                    5.   Simpulkan hasil kegiatanmu


Percobaan B
1. Konsep                  :  Cahaya
2. Sub Konsep           :  Pemantulan cahaya
3. Tujuan                    :  Siswa dapat mendeskripsikan pemantulan teratur
4. Alat/ bahan             :  1.   Kotak cahaya    2.   Bidang Pantul  3. Kertas HVS
5. Cara Kerja              :  1.   Nyalakan kotak cahaya diatas kertas HVS
                                    2.   Pasanglan bidang pantul, kemudian lukis berkas cahaya yang memantul pada bidang pantul tersebut
                                    3.   Tuliskan hukum pemantulan dan gambarkan


Percobaan C
1. Konsep                  :  Cahaya
2. Sub Konsep           :  Pembiasan cahaya
3. Tujuan                    :  Siswa dapat mendeskripsikan Pembiasan cahaya
4. Alat/ bahan             :  1.   Kotak cahaya    2.   Prisma kaca      3. Kertas HVS
5. Cara Kerja              :  1.   Nyalakan kotak cahaya diatas kertas HVS
                                    2.   Pasanglan Prisma kaca, kemudian lukis berkas cahaya yang keluar  dari Prisma kaca  tersebut.
                                    3.   Mengapa terjadi demikian ?


Percobaan D
1. Konsep                  :  Pesawat Sederhana
2. Sub Konsep           :  -
3. Tujuan                    :  Siswa dapat menunjukkan penggunaan bidang miring untuk
                                    mempermudah pekerjaan
4. Bahan/ alat             :  1.   Bidang miring   2.    Beban  3.Neraca/ karet gelang
5. Cara Kerja              :  1.   Tarik benda pada bidang datar, amati
                                    2.   Tarik benda pada bidang miring, amati
                                    3.   Buatlan hasil kegiatanmu dalam bentuk tabel
                                    4.   Simpulkan hasil kegiatanmu !


Percobaan E
1. Konsep                  :  Listrik
2. Sub Konsep           :  Rangkaian listrik paralel
3. Tujuan                    :  Siswa mampu membuat rangkaian listrik
4. Bahan/ alat             :  -   2   Bohlam, 2   Baterai ,  2  Dudukan baterai, 5 Kabel, 1  Saklar
5. Cara Kerja              :   -    Seluruh komponen alat dirangkai menjadi rangkaian listrik
                                          Paralel
                                    -     Gambarlah rangkaian yang kau buat di kertas kerjamu.
                                    -     Sebutkan 3 ( tiga ) ciri rangkaian paralel

Percobaan F
1. Konsep                  :  Listrik
2. Sub Konsep           :  Rangkaian listrik seri
3. Tujuan                    :  Siswa mampu membuat rangkaian listrik
4. Bahan/ alat             :  -   2   Bohlam, 2   Baterai ,  2  Dudukan baterai, 4 Kabel, 1  Saklar
5. Cara Kerja              :   -    Seluruh komponen alat dirangkai menjadi rangkaian listrik
                                          seri
                                    -     Gambarlah rangkaian yang kau buat di kertas kerjamu.
                                    -     Sebutkan 3 ( tiga ) ciri rangkaian seri

Percobaan G
1. Konsep                  :  Panas
2. Sub Konsep           :  Konduktor/ Isolator
3. Tujuan                    :  Siswa mampu menentukan klasifikasi bahan-bahan yang termasuk
                                    konduktor/ isolator
4. Bahan/ alat             :  air panas, gelas,pensil,sendoksteinlesstile,batang kayu,sendok
                                    Palstik ,batang besi/ kawat ,mentega
5. Cara Kerja              :  -     Isilah gelas dengan air panas
                                 -     Masukkan semua bahan bersamaan (sebelumnya semua ujung telah diberi mentega)
                                    -     Amati apa yang terjadi dengan mentega pada ujung bahan
                                    -     Buatlah tabel pengamatan pada kertas kerjamu !

                                    -     Simpulkan hasil kegiatanmu !

0 komentar:

Posting Komentar